Seterategi Investasi Pendidikan yang meningkatkan kualitas kehidupan Bangsa


Seterategi Investasi Pendidikan yang meningkatkan kualitas kehidupan Bangsa

Pertama merubah paradigm pendidikan yang selama ini berorentasi pada bisnis ternsksional pada peroses memberdayakan daya cipta, rasa, karsa manusia, atau daya fisik, pancaindra, akal, hati, dan rohani manusia secara konprehensif dan propisional. Manusia yang dimiliki natinya akan menjadi manusia pencipta  budaya dan peradaban dan kereatif, inovatif, dan progresif. 
Kedua penggunaan dana pendidikan secara rasiona, efesien, dan dan tepat sasaran. Penggunaan dana tersebut diarahkan pada upaya pemerataan pendidikan yang bermutu pada seluruh lapisan masyarakat.
Ketiga penyebaran tenaga pendidik yang bermutu secara merata keberbagai pelosok  daerah dengan memberikan insentif atau tunjangan kehusus sesuai undang-undang.
Keempat  melakukan peroses diseminasi sekolah unggulan ke sekolah yang belum unggulan melalui program sekolah model. Sekolah yang unggulan atau bermutu tinggi diberikan kewajiban untuk membina dan mengembangkan sekolah disekitarnya yang masih tertinggal.
Kelima melakukan perubahan paradigma dalam peroses belajar dari model behaviorisme e model konstrukktivisme dengan langkah-langkah: (1) mengubah cara belaja dar model warisan menjadi cara belajar pemecahan masalah, (2) hapalan ke dialog, (3) pasif ke  heurisitis, (4) memiliki kemenjadian, (5) mekanisme ke kereatifan, (6) sterategi menguasi materi sebanyak-banyaknya menjadi menguasai metodologi yang kuat, (7) memandang dan menerima  ilmu sebagai hasil  final yang mapan, dan (8) fungsi pendidikan bukan hanya mengasah dan mengembangkan akal tapi mengolah dan mengembangkan hati (moral) dan keterampilan.
Keenam menganalisis kesalahan riil yang ahrus dipecahkan oleh dunia pendidikan, bersama-sama dengan komponen lainya. Hal ini perlu dilakukan agar upaya-upaya yang dialkukan oleh pendidikan menjadi lebih fokus dan lebih terarah menuju sasran yang ingin dipecahkan. Upaya ini perlu dilakukan agar hasil usaha pendidikan dapat segera diraskan nanfaatnya oleh masyarakat dimana pendidikan tersebut dirasakan



 Prof. Dr. H. Abiddin nata, M.A. Inovasi Pendidikan Islam, (Salemba Diniyah, Jakarta: 2016) 

Komentar

Postingan Populer