Indikator-Indikator
Dalam pemberian insentif terdapatbeberapa indikator yang perlu
diperhatikan adalah sebagai berikut: (1), dalam pemerian insentif terdapat
prosedur yang sekolah terapkan, (2). Tingginya prestasi siswa akan diberikan
penghargaan, (3). Prestasi yang tinggi bagi guru dan staf akan berpengaruh pada
pemberian insentif, (4). Adanya peran dinas pendidikan dalam pemberian
insentif, (5). Penghargaan ditentukan oleh prsetasi siswa, (6). Pekerjaan tambahan
(7). Prestasi yang membanggakan diumumkan dan dirayakan, (8). Memiliki
kesempatan promosi, (9). Memberikan uang muka atas prestasi, (10). Menyetarakan
prestasi dengan insentif yang diperoleh, (11). Insetif merupakan bentuk umpan
balik, (12). Memberiakan penghargaan yang positif, (13). Memberikan secara adil
berdasarkan tingkat kualitas, (14). Insentif yang diberikan tidak hanya berupa
materi, (15). Otonomi merupaka bentuk imbalan, (16). Mengumumkan setiap bulan
yang berprestasi, (17). Insntif sebagai manajemen pelaksanaan kinerja.[1]
Sedangkan menurut Mortimore mengidentifikasi beberapa
cara yang dialakukan oleh sekolah efektif dalam pemberian insentif, seperti
pemeberian penghargaan kepada guru yang
berprestasi dalam kegiatan. Bentuk-bentuk penghargaan ini dengan sendirinya
membangkitkan dan menularkan semangat kerja dan meningkatkan etos kerja bagi
guru, serta dapat menimbulkan minat dan semangat belajar bagi peserta didik.
Indikator-indikator karakteristik ini meliputi:
a.
Terdapat prosedur pemberian pengahargaan dan insentif terhadap guru,
staf, dan peserta didik yang berprestasi, sehingga prestasi yang tinggi dari
peserta didik dan guru mendapatkan pengharagaan dari sekolah.
b.
Dinas pendidikan kabupaten/kota mengambil peran nyata dalam
pemberian pengahargaan atas prestasi peserta didik yang hebat.
c.
Pengahrgaan dan hadiah ditentukan berdasarkan prestasi yang diraih
dan memberikan kesempatan pada peserta didik untuk meraihnya.
d.
Guru mendapatkan insentif atas pekerjaan tambahan yang dilakukan.
e.
Setiap peserta didik, staf, atau guru yang mendapatkan penghargaan
atas prestasi yang membanggakan diumumkan dan jika perlu dirayakan.
f.
Staf dan guru yang produktif dan memiliki kinerja tinggi
diprioritaskan untuk menikmati kesempatan promosi atau pilihan program lain
untuk pengembangan karier.[2]
Komentar
Posting Komentar