Pengertian Kinerja Guru
Guru adalah
figure manusia sumber yang menempati proses dan memegang peran penting dalam
pendidikan. Ketika semua orang mempersoalkan masalah dunia pendidikan, figure
guru mesti terlihat dalam agenda pembicaraan terutama yang menyangkut persoalan
pendidikan formal di sekolah. Guru adalah bagian yang tidak terpisahkan dari
proses rekayasa sosial kebangsaan menuju cita-cita yang diharapkan bersama.[1]
Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus memiliki kinerja diatas standar. Kinerja
adalah kemampuan yang ditunjukan dalam melakukan pekejaan yang menentukan hasil
kerja, atau bisa juga dikatakan sebagai prestasi kerja.[2]
Menurut Tjutju
dan Suwato, kinerja merupakan prestasi nyata yang ditampilkan seseorang setelah
yang bersangkutan menjalankan tugas dan perannya dalam organisasi. Secara lebih
terukur, Sulistyorini dalam Muhilisin, mengemukakan bahwa kinerja adalah
tingkat keberhasilan seseorang atau kelompok orang dalam melaksanakan tugas dan
tanggung jawabnya serta kemampuan untuk mencapai tujuan dan standar yang telah
ditetapkan.[3]
Menurut
penjelasan diatas kinerja adalah kualitas seseorang atau organisasi dalam
melakukan pekerjaan, dan menentuka keberhasialan dalam melakukan tugas.Secara
sederhana yang dimaksud dengan kinerja adalah suatu hasil yang dicapai sesorang
atau kelompok dalam pencapaian tujuan.
Kinerja guru adalah kemampuan dan keberhasilan guru dalam
melaksanakan tugas-tugas pemeblajaran yang ditunjukan oleh indikator-indikator:
1) kemampuan menyusun rencana dan program pembelajaran, 2) kemampuan
melaksanakan pembelajaran 3) kemampuan mengadakan hubungan antara pribadi 4)
kemampuan melaksanakan penelitian 5) kemampuan melaksanakan program pengayaan
6) kemampuan mengayakan program remedial.[4] Dikemukakan
menurut Natawijaya bahwa, kinerja guru dapat dilihat saat melaksanakaan
interaksi belajar mengajar di kelas dan termasuk bagaimana dia mempersiapkan
dan mengevaluasinya.[5]
Kinerja guru
merupakan kemampuan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab atas peseta
didik, disinih guru sangat berperan dalam meningkatkan prestatasi siswa untuk
mencapai tujuan pembelajaran,dalam proses pembelajaran guru harus bisa
melakukan pendekatan terhadap siswa agar dengan lebih mempercepat pemahaman
siswa dalam proses pemeblajaran. Guru juga harus mempunya kemampuan untuk
berkomunikasi baik dengan, kepala sekolah dan masyarakat bertujuan untuk
meningkatkan kualitas siswa dalam belajar.[6]
[1] Momon sudarma, Profesi guru: dipuji,dikritisdan dicaci, (jakarta:
PT RajaGrafindo Persada,2013), 9
[5] Ahmad Susanto,
Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar,(jakarta, PT
Fajar Interpratama Mandiri, 2013) 29-30
Komentar
Posting Komentar