Pengertian Kinerja Guru


   
Guru adalah figure manusia sumber yang menempati proses dan memegang peran penting dalam pendidikan. Ketika semua orang mempersoalkan masalah dunia pendidikan, figure guru mesti terlihat dalam agenda pembicaraan terutama yang menyangkut persoalan pendidikan formal di sekolah. Guru adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses rekayasa sosial kebangsaan menuju cita-cita yang diharapkan bersama.[1] Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus memiliki kinerja diatas standar. Kinerja adalah kemampuan yang ditunjukan dalam melakukan pekejaan yang menentukan hasil kerja, atau bisa juga dikatakan sebagai prestasi kerja.[2]
Menurut Tjutju dan Suwato, kinerja merupakan prestasi nyata yang ditampilkan seseorang setelah yang bersangkutan menjalankan tugas dan perannya dalam organisasi. Secara lebih terukur, Sulistyorini dalam Muhilisin, mengemukakan bahwa kinerja adalah tingkat keberhasilan seseorang atau kelompok orang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta kemampuan untuk mencapai tujuan dan standar yang telah ditetapkan.[3]
Menurut penjelasan diatas kinerja adalah kualitas seseorang atau organisasi dalam melakukan pekerjaan, dan menentuka keberhasialan dalam melakukan tugas.Secara sederhana yang dimaksud dengan kinerja adalah suatu hasil yang dicapai sesorang atau kelompok dalam pencapaian tujuan.
Kinerja guru adalah kemampuan dan keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas-tugas pemeblajaran yang ditunjukan oleh indikator-indikator: 1) kemampuan menyusun rencana dan program pembelajaran, 2) kemampuan melaksanakan pembelajaran 3) kemampuan mengadakan hubungan antara pribadi 4) kemampuan melaksanakan penelitian 5) kemampuan melaksanakan program pengayaan 6) kemampuan mengayakan program remedial.[4] Dikemukakan menurut Natawijaya bahwa, kinerja guru dapat dilihat saat melaksanakaan interaksi belajar mengajar di kelas dan termasuk bagaimana dia mempersiapkan dan mengevaluasinya.[5]
Kinerja guru merupakan kemampuan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab atas peseta didik, disinih guru sangat berperan dalam meningkatkan prestatasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran,dalam proses pembelajaran guru harus bisa melakukan pendekatan terhadap siswa agar dengan lebih mempercepat pemahaman siswa dalam proses pemeblajaran. Guru juga harus mempunya kemampuan untuk berkomunikasi baik dengan, kepala sekolah dan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa dalam belajar.[6]


[1] Momon sudarma, Profesi guru: dipuji,dikritisdan dicaci, (jakarta: PT RajaGrafindo Persada,2013), 9
[2] Kiras Saragih, Usaha konkret guru profesional, (dinas pendidikan provinsi banten, 2011),
[3] Barnawi dan Mohammad Arifin, Kinerja guru profesional,(yogyakarta: AR-Ruzz Media, 2012) 11-12
[4] Supardi, Kinerja guru, (jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013)  40
[5] Ahmad Susanto, Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar,(jakarta, PT Fajar Interpratama Mandiri, 2013) 29-30
[6] Kompri, Manajemen sekolah  teori dan prakti,(bandung:ALFABET,cv,2014),163.

Komentar

Postingan Populer