Tips Analisis Awal memulai Bisnis
Bagi
anda yang merasa bingung ketika akan memulai bisnis yang baru. Terkadang kita
merasa bingung bagaimana akan memulainya. Kita takut akan membuat langkah
karena bisa jadi belum bisa berfikir tenang menghadapi kondisi. Ada beberapa
pertanyaan yang harus kita jawab sebagai bahan analisis kita. Berikut ini ada 6
tips bagaimana melakukan analisis awal ketika memulai bisnis. Berikut ini ada
beberapa tips tentang bagaimana melakukan analisis sebelum berbisnis:
1. Pikirkan tentang prospek bisnis yang akan
jalani. (a) Hitung peluang pasar (seberapa besar orang membutuhkan produk anda)
dan (b) jumlah pesaing yang ada di pasaran (berapa banyak penjual yang telah ada
yang menjual produk yang sama).
2. Seberapa luas cakupwilayah bisnis anda. Apakah lokal (hanya didaerah rumah anda) atau lebih luas
lagi yaitu meliputi kota. Sebagai contoh ringan. Jika kita ingin membuat kios
penjualan Pulsa Hp di dalam sebuah komplek, saya bisa memprediksi jika komplek
tersebut hanya berisi 50 rumah maka bisa jadi nada bisa menguasai pasar 50
rumah tersebut dan tidak lebih, tetapi jika anda ingin menjual dalam cakup yang
lebih luas maka anda membutuhkan tempat bagi kios anda yang lebih strategis. 2
20
3. Berapa besar prediksikeuntungan anda dalam hitungan waktu Anda dapat menghitungnya dalam urutan
Hari, pekan, bulan dan tahun dengan membuat patokan target kenaikan penjualan
barang yang anda jual. Sebenarnya banyak orang yang berjualan hanya bermodalkan
feling saja bisa berhasil dan sukses. Namun tentunya bukan sesuatu yang baku.
Bagi dia yang sudah bermental bisnis bisa jadi dia akan berbisnis dan
menjalankan segala sesuatunya dengan reflek. Untuk itu bagi orang yang awam dan
baru belajar memulai tips pada point ini bisa jadi bermanfaat. Yaitu memulai dari
prediksi perhitungan keuntungan berdasarkan waktu. (Perhatikan dan bandingkan
variabel biaya besar modal dan biaya operasional yang dibutuhkan)
4. Pikirkan tentang apakelebihan bisnis anda! Jika bisnis yang akan dijalani adalah bisnis yang umum
dan sedang ngetrend. Bisa berapa harga jual produk anda di pasaran, bagaimana
pelayanan anda kepada custumer (anda bisa membuat metode unik tersendiri),
bagaimana tampilan produk/kemasan anda, dll.
5. Bagaimana strategi marketingdari bisnis anda? Marketing adalah ujung tombak bagi keberhasilan anda. Jawab
pertanyaan berikut ini!, bagaimana anda meyakinkan orang agar dapat membeli
produk di toko anda. Informasikan mengenai kelebihan yang ada di toko anda.
Yang jelas tujuan utama dari marketing adalah menarik pembeli untuk datang ke
tempat anda. 21 6. Apa yang menjadi keuntungan bagi pembeli jika membeli produk
dari anda? Custumer adalah raja. Mereka adalah objek yang akan mengantarkan
uang kepada anda. Salah besar jika anda hanya berfikir tentang uang yang ada
ditangan mereka. Mungkin dibawah ini ada beberapa hal yang sering dipikirkan
oleh custumer ketika mereka berniat membeli produk dan datang ke tempat kita. § Barangnya murah (minimal standar seperti di tempat lain) § Pelayanannya bagus (misalnya ramah) § Tempatnya bersih dan nyaman (tempat harus meyakinkan pembeli) § Ada bonusnya §
Mudah diakses (tidak jauh, ada tempat parkir dan lingkungannya nyaman) Jika
anda sebagai custumer, apa yang membuat anda tertarik. Silahkan tulis di catatan
anda. Salam bisnis. Selamat Belajar.[1]
Sumber Gambar :https://dailysocial.id



Komentar
Posting Komentar