Tips Analisis Awal memulai Bisnis




Bagi anda yang merasa bingung ketika akan memulai bisnis yang baru. Terkadang kita merasa bingung bagaimana akan memulainya. Kita takut akan membuat langkah karena bisa jadi belum bisa berfikir tenang menghadapi kondisi. Ada beberapa pertanyaan yang harus kita jawab sebagai bahan analisis kita. Berikut ini ada 6 tips bagaimana melakukan analisis awal ketika memulai bisnis. Berikut ini ada beberapa tips tentang bagaimana melakukan analisis sebelum berbisnis:

 1. Pikirkan tentang prospek bisnis yang akan jalani. (a) Hitung peluang pasar (seberapa besar orang membutuhkan produk anda) dan (b) jumlah pesaing yang ada di pasaran (berapa banyak penjual yang telah ada yang menjual produk yang sama).
2. Seberapa luas cakupwilayah bisnis anda. Apakah lokal (hanya didaerah rumah anda) atau lebih luas lagi yaitu meliputi kota. Sebagai contoh ringan. Jika kita ingin membuat kios penjualan Pulsa Hp di dalam sebuah komplek, saya bisa memprediksi jika komplek tersebut hanya berisi 50 rumah maka bisa jadi nada bisa menguasai pasar 50 rumah tersebut dan tidak lebih, tetapi jika anda ingin menjual dalam cakup yang lebih luas maka anda membutuhkan tempat bagi kios anda yang lebih strategis. 2 20
3. Berapa besar prediksikeuntungan anda dalam hitungan waktu Anda dapat menghitungnya dalam urutan Hari, pekan, bulan dan tahun dengan membuat patokan target kenaikan penjualan barang yang anda jual. Sebenarnya banyak orang yang berjualan hanya bermodalkan feling saja bisa berhasil dan sukses. Namun tentunya bukan sesuatu yang baku. Bagi dia yang sudah bermental bisnis bisa jadi dia akan berbisnis dan menjalankan segala sesuatunya dengan reflek. Untuk itu bagi orang yang awam dan baru belajar memulai tips pada point ini bisa jadi bermanfaat. Yaitu memulai dari prediksi perhitungan keuntungan berdasarkan waktu. (Perhatikan dan bandingkan variabel biaya besar modal dan biaya operasional yang dibutuhkan)
4. Pikirkan tentang apakelebihan bisnis anda! Jika bisnis yang akan dijalani adalah bisnis yang umum dan sedang ngetrend. Bisa berapa harga jual produk anda di pasaran, bagaimana pelayanan anda kepada custumer (anda bisa membuat metode unik tersendiri), bagaimana tampilan produk/kemasan anda, dll. 
5. Bagaimana strategi marketingdari bisnis anda? Marketing adalah ujung tombak bagi keberhasilan anda. Jawab pertanyaan berikut ini!, bagaimana anda meyakinkan orang agar dapat membeli produk di toko anda. Informasikan mengenai kelebihan yang ada di toko anda. Yang jelas tujuan utama dari marketing adalah menarik pembeli untuk datang ke tempat anda. 21 6. Apa yang menjadi keuntungan bagi pembeli jika membeli produk dari anda? Custumer adalah raja. Mereka adalah objek yang akan mengantarkan uang kepada anda. Salah besar jika anda hanya berfikir tentang uang yang ada ditangan mereka. Mungkin dibawah ini ada beberapa hal yang sering dipikirkan oleh custumer ketika mereka berniat membeli produk dan datang ke tempat kita. § Barangnya murah (minimal standar seperti di tempat lain) § Pelayanannya bagus (misalnya ramah) § Tempatnya bersih dan nyaman (tempat harus meyakinkan pembeli) § Ada bonusnya § Mudah diakses (tidak jauh, ada tempat parkir dan lingkungannya nyaman) Jika anda sebagai custumer, apa yang membuat anda tertarik. Silahkan tulis di catatan anda. Salam bisnis. Selamat Belajar.[1]
Sumber Gambar :https://dailysocial.id 


[1] Agus Nugroho  ,KIAT MEMULAI BISNIS BAGI PEMULA  Untuk anda para entrepreuneur muda. Klik Disi
ni


Komentar

Postingan Populer