Pendidikan Berbasis Kepuasan Pelanggan



Kata kepuasan berasal dari bahasa latin “Satis” (artinya cukup baik, memadai) dan “focio” (melakukan atau membuat), sehingga kepuasan bisa diartikan sebagai upaya pemenuhan suatu atau membuat sesuatu memadai. Ada tiga komponen dalam kepuasan pelanggan Yaitu: [1]
a)      Kepuasan pelanggan merupakan respon (emosional atau kognitif
b)      Respon tersebut menyangkut proses fokus tertentu (ekspeotasi, produk, pengalaman konsumen, dan seterusnya)
c)      Proses terjadi pada waktu tertentu (setelah konsumen, setelah pemilihan produk/jasa, berdasarkan pengalaman akumulatif dan lain;lain).
Dalam konteks pendidikan kepuasan pelanggan dapat dilihat dari beberapa komponen, yaitu sebagai berikut:
1)      Karakteristik jasa Nama pendidikan yang dikenal, staf yang kompeten dan hubungan dengan lembaga luar.
2)      Emosi pelanggan motivasi pengunjung dal mengikuti kegiatan
3)      Atribut-atribut pendukung promosi di bidang jasa, prestasi-prestasi yang dicapai
4)      Presepsi terhadap pelayan penerimaan pelayanan oleh pengunjung
5)      Pelanggan lain penyebar luas informasi
6)      Manfaat fungsional dan emosional
7)      Biaya mentor, waktu, energi dan fisik.
 Baca Juga: konsep Dasar Pemasaran 


[1]  Abdul Rahmat, . Manajemen Humas Sekolah, 
Sumber gambar : https://m.lampost.co

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer