Pengertian Pasar
Pengertian Pasar
Pasar
berasal dari bahasa Persia, Yaitu
“Bazar” , Lewat bahasa arab memiliki arti suatu pranata ekonomi dan sekaligus cara
hidup suatu gaya umum dari kegiatan ekonomi yang mencapai segala aspek dari
lingkungan masyarakat, dan sosial budaya yang terjalin dalam sendirinya.[1]
Dalam arti pasar merupakan pertemuan antara penjual dan pembeli yang diarahkan
antara kebutuhan permintaan dan penawaran pada proses ruang dan waktu.
Dalam kajian
sosiologi pasar, pasar berbeda dengan ekonomi. Pasar tidak hanya sebagai
mekanisme pembentukan harga pengelolaan waktu dan ruang dari pasar, akan tetapi
sebagai sebuah kompleks sosial, yaitu pasar sebagai aspek politik, aspek
sosial, aspek agama, aspek huku, aspek pendidikan dan aspek-aspek lainnya yang
menyangkut aspek secara keseluruhan masyarakat.[2]
sumber gambar : https://tirto.id
[1] Damsar dan
Indriani , Pengantar Sosiologi Pasar (Jakarta : Kencana, 2018) p 9
[2] Damsar dan
Indriani , Pengantar Sosiologi Pasar, p 37
Komentar
Posting Komentar