Istilah-istilah Dalam Ilmu Manajemen ( A-F)
A
Achieving and maintaining standard of excellence (mencapai dan mempertahankan standar
kesempurnaan) : Untuk dapat meningkatkan kualitas, maka standar yang kita
terapkan untuk dicapai bukanlah setandar baku yang tidak mungkin dapat diubah
atau ditingkatkan. Setandar kualitas tersebut harus diubah dan ditingkatkan mengikuti
perkembangan dan peningkatan keinginana dan harapan pelanggan. [2/45]
Access : Kemudahan pemberi jasa untuk dihubungi oleh pihak atau pelanggan jasa.
[2/16]
Action : Tindakan atau pelalaksanaan. [2/51]
Activities network diagram (diagram panah) : Digunakan dalam menganalisis urutan
tugas-tugas yang penting untuk menyelesaikan proyek dan menentukan tugas yang
penting untuk memonitor efesiensi proyek. [2/183]
Aesthetic : Keindahan atau daya tarik produk tersebut. [2/14]
Affinity diagram : Digunakan dalam mengorganisasi fakta, isu, dan masalah yang digunakan
untuk mengadakan diagram terhadap permasalahan yang dihadapi. [2/182]
Agenda (agenda) :Kerangka hal-hal yang akan dibahas dalam sebuah
rapat.[1/434]
Appraisal costs (biaya penilayan) : Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadakan
pengujian terhadap produk yang dihasilkan. [2/30]
Assets (aktiva) :Rekening yang berisikan harta yang dimiliki perusahaan
[1/434]
Awareness
training (pelatihan kepedulian) : Memberikan
kepedulian akan keragaman kepada para pekerja. [1/434]
B
Balance sheet (neraca) : Memberikan informasi berkenaan dengan aktiva, utang,
dan modal pemilik perusahaan. [1/434]
Brainstorming : Teknik pengambilan keputusan dengan mengumpulkan sebanyak mungkin
suara para anggota kelompok. [2/113]
C
Capital stock (modal saham) : Nilai nominal dari sejumlah saham yang diedarkan
dikalikan nilai pokok atau nilai yang ditetapkan untuk saham tersebut. [1/434]
Capability (kemampuan) : Organisasi atau perusahaan harus mempunyai kemampuan
untuk mengambil tindakan atau keputusan yang berkaitan dengan produk atau jasa
yang ditawarkan. [2/50]
Cash flow
statement (Laporan aliran kas) : Rincian
sumber-sumber dan penggunaan kas dalam perusahaan. [1/434]
Cast of poor
quality : Biaya yang harus dikeluarkan
karena prusahaan menghasilkan produk cacat. [2/30]
Causal trust : Rasa saling percaya [2/40]
Cause and
effect diagram : Digunakan
untuk menganalisis persoalan dan faktor-faktor yang menimbulkan persoalan
tersebut. Dengan demikian, diagram tersebut dapat digunakan untuk menjelaskan sebab-sebab
suatu persoalan. [2/173]
Centralization (sentralisasi) : Mengacu pada posisi dalam perusahaan yang membuat
keputusan. [1/434]
Check sheet : Adalah alat yang sering digunakan untuk menghitung seberapa
sering sesuatu itu terjadi dan sering
digunakan dalam pengumpulan dan pencatatan data. Data yang sudah terkumpul
tersebut kemudian dimasukan ke dalam grafik seperti pareto chart ataupun
histogram untuk kemudian dilakukan analisis terhadapnya. [2/175]
Commitment (dukungan) : Organisasai atau perusahaan harus mendukung pada
penyediaan produk dan jasa untuk mengembangkan organisasai. Manajemen juga
harus mendukung pada penyediaan produk dan jasa tersebut secara efesien dan
menguntungkan. [2/49]
Communication : Komunikasi atau hubungan antara penerima dengan pemberi. [2/15]
Compassion (persaan) : Persaan simpati akan kebutuhan dan harapan pelanggan,
selain juga perasan dari pihak manajemen kepada karyawan organisasai yang
memberikan produk atau jasa secara langsung pada pelanggan. [2/50]
Competence : Kemampuan atau Keterampilan pemberi jasa yang dibutuhkan setiap
orang dalam perusahaan untuk memberikan jasanya kepada penerima jasa. [2/16]
Conceptual
skills ( kecakapan konseptual) : Kemampuan
melihat gambaran besar dan memahami kesalingterkaitan organisasi Anda. [1/434]
Confidence (kepercayaan) : Rasa percaya diri dari organisasi atau perusahaan
bahwa organisasai atau perusahaan tersebut mampu memberikan jasa yang terbaik
bagi perusahaan. [2/50]
Conformance : Kesesuaian produk dengan syarat atau ukuran tertentu atau sejauh
mana karakteristik desain dan oprasi memenuhi setandar yang telah ditetapkan.
[2/14]
Contact (hubungan) : Sesuai dengan karakteristik organisasai atau
perusahaan yang mengutamakan kebutuhan dan harapan pelanggan dalam membuat
produk atau jasanya, harus mengadakan hubungan atau kontak langsung dengan
pelanggan. [2/49]
Control chart : Adalah gerafik yang digunakan untuk menentukan apakah suatu
perosese berada dalam keadaan in control atau out control . control
limit yang meliputi batas atas (upper control limit) dan batas bawah
( lower control limit) dapat membantu kita untuk menggambarkan
performasi yang diharapkan dari suatu proses, yang menunjukan bahwa prosese
tersebut konsisiten. Dengan mengetahui kondisi prosese, maka kita dapat
mengetahui sumber variasi prosese, apakah merupakan common atau special
cause. [2/179]
Consistency (konsisten) : Peroduk dan jasa harus mempunyai konsisten dalam
kinerja, misalnya ketepan waktu, kebersihan ruangan, kesabaran dalam memberikan
pelayanana, dan sebagainya. [2/49]
Content plateau (kemandekan kepuasan) : Kondisi ketika tanggung jawab kerja telah
dikuasai dan kebosanan muncul. [1/434]
Continuous
Improvement : Siklus
tesebut menyerupai siklus. [2/51]
Continuous process
improvement ( CPI=
perbaikan proses secara terus-menerus) : Membuat perbaikan perlahan-lahan pada
proses yang sedang berjalan selama periode waktu yang lama tanpa menimbulkan
gangguan besar pada pekerjaan. [1/435]
Continuous
improvement (Perbaikan
yang terus-menerus dan berkesinambungan) : dalam peroses dan hasil harus
merupakan sasaran organisasi atau perusahaan yang bersipat permanen. Perbaikan,
terus dalam sistem kualitas meliputi dua kriteria, yaitu hasil yang secara
terus-menerus meningkat dan biaya yang secara terus-menerus menurun. Kedua
kreteria ini memerlukan data pada hasil, biaya, stabilitas proses, dan
kemampuan proses. [2/27]
Continuous improvement process
(peroses perbaikan yang terus-menerus) : Dapat diukur baik secara individual,
organisasi, kelompok, dan tujuan kinerja nasional. [2/9]
Control and improvement (
pengendalian dan perbaikan) : Tindakan pengendalian dan perbaikan merupakan dua
tindakan atau kegiatan yang dituntut harus ada dalam pelaksanaan filosofi total
quality managemenet tersebut. Tindakan itu ditunjukan untuk mengadakan
perbaikan dan peningkatan yang dilaksanakan secara terus menerus dan
berkesinambungan, sehingga tercapai perbaiakan dan peningkatan kualitas seperti
yang diharapkan. [2/45]
Co-operation (kerjasama) :
Kerjasama dengan pelanggan akan membantu organisasi atau perusahaan untuk dapat
menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas dan sesuai dengan keinginana
pelanggan. [2/50]
Corporation (korporasi) : Badan hukum yang memisahkan perusahaan dari
pemiliknya. Pemiliknya memegang saham dan disebut pemegang saham. [1/435]
Courtesy (kesopanan) : Adanya hubungan langsung antara personil organisasai
atau perusahaan dengan pelanggan tersebut menuntut adanya sikap sopan santun
dari pihak organisasi atau perusahaan. [2/50]
Cosmopolitan : Milik dunia, istilah lain manjer global. [1/435]
Cost of
achieving good quality (biaya untuk
menghasilkan produk yang berkaulitas)
Cost reduction
: Mengurangi biaya
Cousrtesy : Kesopanan, respek, perhatian dan kesamaan dalam hubungan
personalia. [2/16]
Credibility : Kepercayaan pihak penerima terhadap pemberi [2/15]
Criticism (keritikan) : Organisasi atau perusahaan tidak boleh menghindari
keritikan yang bersifat membangun, apalagi kritikan itu berasal dari pelanggan.
[2/50]
Culture change : Kesadaran untuk merubah budaya. [2/40]
Customer satisfaction :
Kepuasan pelanggan [2/13]
Customer compliaint costs :
Biaya untuk memberikan pelayanan terhadap keluhan pelanggan. [2/30]
D
Decision making (pembuatan keputusan) : Memilih dari beberapa arah tidakan
alternatif. [1/435]
Delphi
technique : Teknik pengambilan keputusan yang
hamper sama dengan Nominal group technique, tetapi anggotanya tidak
mempresentasikan pendapatnya. [2/113]
Departmentation : Cara pekerjaan dikelompokkan bersama-sama. [1/435]
Distress : Stres negative yang bisa mengakibatkan masalah perilaku,
permasalahan pisikologis atau sakit medis.
Diversity (keanekaragaman) : Semua perbedaan, secara demografis dan
kepribadian, yang menjadikan seseorang unik. [1/435]
Downsizing : Didefinisikan sebagai keputusan manajemen yang disengaja untuk
mengurangi tenaga kerja yang digunakan untuk memperbaiki kinerja organisasi.
[2/228]
Durability : Tingkat keawetan produk atau lama umur produk. [2/14]
E
Effective (efektif) : Mengerjakan pekerjaan yang benar. [1/435]
E-learning : Adalam pembelajaran yang dilakukan secara internal. Hal ini
meliputi berbagai bentuk, pengelolaan pengalaman pembelajaran, dan jaringan
kerja para pelaku pembelajaran, pengembangan, dan para ahli. [2/237]
Eliminating
waste : Menghilangkan pemborosan [2/39]
E-knowledge : Adalam membuat format atau metode pembelajaran yang efektif,
misalnya dengan menyusun individual e-mail untuk mengadakan komunikasi secara elektronik.
[2/241]
Employee
empowerment : Pemberdayaan
karyawan [2/52]
Employee
satisfaction : Menimbulkan
kepuasan karyawan. [2/40]
Equity theory (Teori kesetaraan) : Orang akan mengoreksi ketidaksetaraan.
[1/435]
Eustress : Stres positif yang mengakibatkan meningkatnya kekuatan fisik.
[1/435]
Expatriates (ekspatriat) : Manajer perusahaan multinasional yang berasal dari
Negara perusahaan induk. [1/435]
Expectancy
theory (teori pengharapan) : Prilaku
didasarkan pada pengharapan bahwa suatu prilaku akan menghadirkan penghargaan
tertentu dan bahwa penghargaan itu dihargai. [1/435]
External
failure costs : Biaya yang
harus dikeluarkan karna menghasilkan produk cacat dan produk ini telah diterima
konsumen. [2/30]
External focus : Pokus pada kebutuhan dan harapan pelanggan. [2/39]
F
Fact-based
management (manjemen
berdasarkan fakta) : Untuk dapat mencapai sasaran kinerja dan kualitas
diperlukan manajemen proses yang berdasarkan informasi, data, dan analisis yang
dapat dipercaya. [2/61]
Faster delivery
: Menyampaikan secara tepat waktu. [2/39]
Feature : Ciri khas produk yang membedakan dari produk lain yang merupakan
karakteristik pelengkap dan mampu menimbulkan kesan yang baik bagi pelanggan.
[2/14]
Fiedler’s lest
preferred coworker (LPC) scale (
skala LPC Fiedler) : Instrumen yang digunakan untuk menidentifikasi jenis gaya
kepeminpinan yang anda punya : didorong hubungan atau didorong tugas. [1/435]
Financial
statements (laporan keuangan) : Cara memantau
sumber-sumber finansial. [1/435]
Fleksibelitas : Organisasi atau perusahaan meliputi kemamapuan menanggapi secara
cepat perubahan dalam permintaan pelanggan dan desain produk. [2/88]
Flowchart : Adalah gambar sekematik atau diagram yang menunjukan seluruh
langkah dalam suatu proses dan menunjukan bagaimana langkah itu saling
berinteraksi satu sama lain. Flowchart digambarkan dengan simbol-simbol,
dan setiap orang yang bertanggung jawab untuk memperbaiki suatu proses harus
mengetahui seluruh langkah dalam perosese tersebut. [2/171]
Freedom from
control (tidak ada pengendalian) :
Perusahaan atau organisasi yang berorentasi pada total quality tidak lagi
menggunakan pengendalian atau inspeksi yang hanya merupakan penilaian produk
akhir, melainkan setiap karyawan harus mengendalikan sendiri dirinya untuk membuat
atau memberikan atau menerima produk yang benar-benar bebas cacat. [2/34]
Full employee
involvement (keterlibatan
penuh seluruh karyawan) : Karyawan dalam perusahaan atau organisasai yang
melaksanakan filosofi tital quality managemenet meneuntut adanya keterlibatan
penuh dari seluruh karyawan. [2/44]
Dikutif Dari :
1. Patricia Buheler, Alpha Teach Yourself Management Skills (Fajar Interpratama Offset : Jakarta 2007) Penerjemah Sugeng Haryanto dkk
2.
Dorothea Wahyu
Ariani S.E. M.T, Manajemen
Kualitas Pendidikan Sisi Kalitatif ( Ghalia Indonesia : Jakarta 2003)
1.
Patricia
Buheler, Alpha Teach
Yourself Management Skills (Fajar
Interpratama Offset : Jakarta 2007) Penerjemah Sugeng Haryanto dkk
2.
Dorothea Wahyu
Ariani S.E. M.T, Manajemen
Kualitas Pendidikan Sisi Kalitatif ( Ghalia Indonesia : Jakarta 2003)
Baca Juga :Istilah-istilah dalam ilmu Manajemen (A-F)
Istilah-istilah dalam Ilmu Manajemen (G-N)
Baca Juga :Istilah-istilah dalam ilmu Manajemen (A-F)
Istilah-istilah dalam Ilmu Manajemen (G-N)
Komentar
Posting Komentar