Istilah-istilah Dalam Ilmu Manjemen (G-N)





G
Gantt chart (Bagan Gantt) : Dikembangkan oleh Henry Gantt, bagan ini adalah gambar grafis kemajuan proyek Anda. [1/435]
Global economy (ekonomi global) : Ekonomi di mana pesaing internasional menjadi ancaman yang sama besarnya bagi bisnis Anda, seperti took di pinggir jalan. [1/436]
Good planning (perencanaan yang baik) : Dalam setiap kegiatan organisasai atau perusahaan, perencanaan memang harus disusun secara matang. [2/45]
Groupthink : Kesepahaman (sadar atau tidak) oleh suatu kelompok untuk tidak  sepahan. [1/436]
H
Herzberg’s Two-factor Theory. (teori dua faktor  Herzberg) : Ketidak puasan dan kepuasan bukan lah dua ujung yang saling berlawanana dari suatu bentangan; lawan ketidak puasan adalah tidak ada ketidakpuasan dan lawan kepuasan adalah tidak ada kepuasan. [1/436]
Histogram : Adalah yang digunakan untuk menunjukan variasi data pengukuran dan variasi setiap proses. [2/178]
Hoshin planning : Berkaitan dengan kebijakan manajemen yang merupakan satu kesatuan terintegrasi dalam organisasi yang memonitir lingkungan eksternal dan mengembangkan rencana proaktif untuk menyesuaikan dengan arah organisasai masa mendatang. Hoshin planning ini meliputi ketepatan dan kecepatan produk sampai ke pasar sehingga dapat meningkatkan laba. [2/169]
Human relation skills ( kecakapan hubungan dengan manusia) : Kecakapan pribadi yang kuat dan kemanpuan untuk bergaul dengan orang lain. [1/436]
Income statement (laporan rugi laba) : Laporan tentang pemasukan yang diraih dan pengeluaran yang dilakukan oleh sebuah prusahaan selama waktu tertentu. [1/436]
I
Impact on society: Penekanan pada masyarakat [2/130]
Improve : Perbaikan. [2/51]
Imformation costs (biaya informasi) : Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadakan survai pelanggan tentang kualitas produk yang diharapkan planggan. [2/30]
Implementation strategy (starategi pelaksanaan) : Filosopi total quality management harus dilaksanakan dan harus menyatu dengan strategi organisasi atau perusahaan. [2/45]
Individual consideration (prilaku konsiderasi individu) : Merupakan prilaku yang dimunculkan dalam pemberian perhatian khusus kepada pengikut yang kelihatannya diabaikan, memberikan prilaku setiap pengikut secara individual. [2/109]
Inspection (inspeksi): Selama produksi, para inspector mengukur hasil produk berdasarkan sepesifikasi. [2/18]
Inspection and testing costs (biaya inspeksi dan pengujian) : Biaya yang harus dikeluarkan untuk pengujian terhadap kualitas produk. [2/30]
Inspirational motivation : Inspirasi yang memotivasi. [2/109]
Intellectual stimulation (prilaku stimulus intelektual) : Berupa prilaku yang merupakan peraktek-peraktek kepeminpinan, di mana peminpin secara intelek merangsang pengikut untuk selalu mempertanyakan kondisi yang berlaku saat ini, sehingga merangsang timbulnya inovasai dan cara-cara baru dalam menyelesaikan persoalan. [2/109]
Internal failure costs (biaya kegagalan internal) : Biaya yang harus dikeluarkan karna prusahaan telah menghasilkan produk yang cacat tetapai cacat produk tersebut telah diketahui sebelum peroduk tersebut sampai kepada pelanggan. [2/30]
Interrelationship diagram : (diagram hubungan) : Digunakan untuk membantu mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang akan dimasukkan kedalam tree diagram. [2/182]

 J
Jus in time : Merupakan suatu filosofi manajemen oprasi yang berusaha untuk menghilangkan pemborosan pada semua aspek dari kegiatan-kegiatan produksi perusahaan. [2/65]
K
Kaizen (perbaikan secara terus-menerus) suatu istilah dalam bahasa jepang. [2/52]
Knowing the customer : Pengerian dari pihak pemberi  pada penerima atau pemahaman pemberian terhadap kebutuhan dan harapan pemakai. [2/15]
Kualitas : Kesesuaian dengan kebutuhan. [2/21]
L
Learning organization (organsasi belajar) : Adalah organisasai yang mendukung kegiatan atau perosese pembelajaran bagi semua anggota dan secara terus-menerus mengadakan perubahan. [2/196]
Liabilities (utang) : Kewajiban perusahaan kepada kreditor selama perjalanan normal bisnis. [1/436]
Life plateau (kemandekan hidup) : Kurangnya keberhasilan mengancam identitas diri seseorang karna siapa pun orangnya ia terikat dengan pekerjaannya. [1/436]
Long-term assets (aktiva jangka panjang) : Aktiva yang memiliki harapan kegunaan lebih dari satu tahun. [1/436]
Lost sales costs : Biaya yang harus dikeluarkan karna perusahaan tidak dipercaya oleh konsumen sehingga tidak mau lagi membeli produk ke perusahaan tersebut. [2/31]
Lot sizing : Banyaknya unit yang diproduksi. [2/89]
M
Management : Faktor pensetabil yang memungkinkan diselesaikannya pekerjaan organisasi. [1/436]
Management development (MD) : Adalah suatu cara yang teliti, berhati-hati dan tersektuktur yang menjamin kesempatan dari fungsi-fungsi manajemen dan staf untuk mempertahankan daya tarik organisasi, sehingga manjemen apa yang akan dilaksanak dalam pengembangan organisasi. [2/231]
Management of process quality : Manajemen dari kualitas proses. [2/127]
Matrix diagram : Digunakan dalam menunjukan ada atau tidak adanya hubungan antara berbagai elemen dalam permasalahan yang dihadapi. [2/182]
McClelland’s Learned Needs Theory: Orang termotivasi oleh kebutuhan akan prestasi, afilasi atau kekuasaan. Kebutuhan yang domain pada setiap orang berbeda-beda. [1/436]
McGregor’s Theory X and Theory Y : Asumsi Teori X dan Teori Y memengaruhi perilaku manajer. Teori Y menyatakan bahwa orang akan mencari tanggung jawab, sedangkan Teori X menganggap bahwa orang itu malas. [1/436]
Measurement and evaluation (pengukuran dan evaluasi) : Pelaksanaan total quality managemenet memang memerlukan data nyata. Oleh karna itu, pengukuran dan evaluasi data yang bersifat kuantitatif tersebut harus benar-benar dilakukan. [2/45]
Mentoring  : Adalah peroses yang tidak mementingkan diri sendiri, tetapi mendahulukan kepentingan orang lain, bersifat interpersonal, merupakan hubungan suka rela antara dua individu atau departemen di dalam dan antara organisasi atau perusahaan. [2/242]
Minutes (notula) : Dokumen tertulis tentang akitivitas rapat. [1/437]
Mixed production (produksi secara campur merata) : Dengan cara menghasilkan beberapa macam produk seseuai dengan kebutuhan pelanggan. [2/71]
Mixed production system (berbagai macam peroduk dalam suatu waktu produksi) : Organisasi atau perusahaan dikatakan fleksibel juga akan mendukung kualitas produk dan kualitas organisasi atau perusahaan. [2/67]
Monitor : Pemeriksaan. [2/51]
Moslow’s Hierarchy of Needs (Hierarki Kebutuhan Moslow) : Orang termotivasi oleh hirarki kebutuhan. Kebutuhan yang lebih rendah harus dipenuhi sebelum beralih ke tingkat kebutuhan yang lebih tinggi. [1/436]
Multinational corporation : Prusahaan yang menjalankan bisnis di luar negaranya sendiri. [1/437]
Multi-functional employee (Program karyawan multi pungsi) [2/61]

N
Net income (laba bersih) : Diperoleh ketika pemasukan lebih besar daripada pengeluaran. [1/437]
Nominal group technique : Teknik pengambilan keputusan dengan mengadakan pertemuan setiap anggota kelompok,  dan masing-masing mengeluarkan pendapat beserta alasannya. [2/113]


Dikutif Dari :

1.        Patricia Buheler, Alpha Teach Yourself Management Skills (Fajar Interpratama Offset : Jakarta 2007) Penerjemah Sugeng Haryanto dkk
2.        Dorothea Wahyu Ariani S.E. M.T, Manajemen Kualitas Pendidikan Sisi Kalitatif ( Ghalia Indonesia : Jakarta 2003)

BACA JUGA : Istilah-istilah Dalam Ilmu Manjemen (A-F)
                         Istilah-Istilah Dalam Ilmu Manajemen (O-Z)

Komentar

Postingan Populer