Istilah-istilah Dalam Ilmu Manjemen (G-N)
G
Gantt chart (Bagan Gantt) : Dikembangkan oleh Henry Gantt, bagan ini adalah
gambar grafis kemajuan proyek Anda. [1/435]
Global economy (ekonomi global) : Ekonomi di mana pesaing internasional menjadi
ancaman yang sama besarnya bagi bisnis Anda, seperti took di pinggir jalan.
[1/436]
Good planning (perencanaan yang baik) : Dalam setiap kegiatan organisasai atau
perusahaan, perencanaan memang harus disusun secara matang. [2/45]
Groupthink : Kesepahaman (sadar atau tidak) oleh suatu kelompok untuk
tidak sepahan. [1/436]
H
Herzberg’s
Two-factor Theory. (teori dua
faktor Herzberg) : Ketidak puasan dan
kepuasan bukan lah dua ujung yang saling berlawanana dari suatu bentangan;
lawan ketidak puasan adalah tidak ada ketidakpuasan dan lawan kepuasan adalah
tidak ada kepuasan. [1/436]
Histogram : Adalah yang digunakan untuk menunjukan variasi data pengukuran
dan variasi setiap proses. [2/178]
Hoshin planning : Berkaitan dengan kebijakan manajemen yang merupakan satu
kesatuan terintegrasi dalam organisasi yang memonitir lingkungan eksternal dan
mengembangkan rencana proaktif untuk menyesuaikan dengan arah organisasai masa
mendatang. Hoshin planning ini meliputi ketepatan dan kecepatan produk
sampai ke pasar sehingga dapat meningkatkan laba. [2/169]
Human relation
skills ( kecakapan hubungan dengan
manusia) : Kecakapan pribadi yang kuat dan kemanpuan untuk bergaul dengan orang
lain. [1/436]
Income
statement (laporan rugi laba) : Laporan tentang pemasukan yang diraih dan
pengeluaran yang dilakukan oleh sebuah prusahaan selama waktu tertentu. [1/436]
I
Impact on
society: Penekanan pada masyarakat [2/130]
Improve : Perbaikan. [2/51]
Imformation
costs (biaya informasi) : Biaya yang
harus dikeluarkan untuk mengadakan survai pelanggan tentang kualitas produk
yang diharapkan planggan. [2/30]
Implementation
strategy (starategi pelaksanaan) : Filosopi total
quality management harus dilaksanakan dan harus menyatu dengan strategi
organisasi atau perusahaan. [2/45]
Individual
consideration (prilaku
konsiderasi individu) : Merupakan prilaku yang dimunculkan dalam pemberian
perhatian khusus kepada pengikut yang kelihatannya diabaikan, memberikan
prilaku setiap pengikut secara individual. [2/109]
Inspection (inspeksi): Selama produksi, para inspector mengukur hasil produk
berdasarkan sepesifikasi. [2/18]
Inspection and testing
costs (biaya inspeksi dan pengujian) :
Biaya yang harus dikeluarkan untuk pengujian terhadap kualitas produk. [2/30]
Inspirational
motivation : Inspirasi yang memotivasi.
[2/109]
Intellectual
stimulation (prilaku
stimulus intelektual) : Berupa prilaku yang merupakan peraktek-peraktek
kepeminpinan, di mana peminpin secara intelek merangsang pengikut untuk selalu mempertanyakan
kondisi yang berlaku saat ini, sehingga merangsang timbulnya inovasai dan
cara-cara baru dalam menyelesaikan persoalan. [2/109]
Internal
failure costs (biaya
kegagalan internal) : Biaya yang harus dikeluarkan karna prusahaan telah
menghasilkan produk yang cacat tetapai cacat produk tersebut telah diketahui
sebelum peroduk tersebut sampai kepada pelanggan. [2/30]
Interrelationship
diagram : (diagram hubungan) : Digunakan
untuk membantu mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang akan dimasukkan
kedalam tree diagram. [2/182]
J
Jus in time : Merupakan suatu filosofi manajemen oprasi yang berusaha untuk
menghilangkan pemborosan pada semua aspek dari kegiatan-kegiatan produksi
perusahaan. [2/65]
K
Kaizen (perbaikan secara terus-menerus) suatu istilah dalam bahasa jepang.
[2/52]
Knowing the
customer : Pengerian dari pihak pemberi pada penerima atau pemahaman pemberian
terhadap kebutuhan dan harapan pemakai. [2/15]
Kualitas : Kesesuaian dengan kebutuhan. [2/21]
L
Learning
organization (organsasi
belajar) : Adalah organisasai yang mendukung kegiatan atau perosese
pembelajaran bagi semua anggota dan secara terus-menerus mengadakan perubahan.
[2/196]
Liabilities (utang) : Kewajiban perusahaan kepada kreditor selama perjalanan
normal bisnis. [1/436]
Life plateau (kemandekan hidup) : Kurangnya keberhasilan mengancam identitas
diri seseorang karna siapa pun orangnya ia terikat dengan pekerjaannya. [1/436]
Long-term
assets (aktiva jangka panjang) : Aktiva
yang memiliki harapan kegunaan lebih dari satu tahun. [1/436]
Lost sales
costs : Biaya yang harus dikeluarkan
karna perusahaan tidak dipercaya oleh konsumen sehingga tidak mau lagi membeli
produk ke perusahaan tersebut. [2/31]
Lot sizing : Banyaknya unit yang diproduksi. [2/89]
M
Management : Faktor pensetabil yang memungkinkan diselesaikannya pekerjaan
organisasi. [1/436]
Management
development (MD) : Adalah
suatu cara yang teliti, berhati-hati dan tersektuktur yang menjamin kesempatan
dari fungsi-fungsi manajemen dan staf untuk mempertahankan daya tarik
organisasi, sehingga manjemen apa yang akan dilaksanak dalam pengembangan
organisasi. [2/231]
Management of
process quality : Manajemen
dari kualitas proses. [2/127]
Matrix diagram : Digunakan dalam menunjukan ada atau tidak adanya hubungan antara
berbagai elemen dalam permasalahan yang dihadapi. [2/182]
McClelland’s
Learned Needs Theory: Orang
termotivasi oleh kebutuhan akan prestasi, afilasi atau kekuasaan. Kebutuhan
yang domain pada setiap orang berbeda-beda. [1/436]
McGregor’s
Theory X and Theory Y : Asumsi Teori
X dan Teori Y memengaruhi perilaku manajer. Teori Y menyatakan bahwa orang akan
mencari tanggung jawab, sedangkan Teori X menganggap bahwa orang itu malas.
[1/436]
Measurement and
evaluation (pengukuran dan evaluasi) :
Pelaksanaan total quality managemenet memang memerlukan data nyata. Oleh
karna itu, pengukuran dan evaluasi data yang bersifat kuantitatif tersebut
harus benar-benar dilakukan. [2/45]
Mentoring : Adalah peroses yang tidak
mementingkan diri sendiri, tetapi mendahulukan kepentingan orang lain, bersifat
interpersonal, merupakan hubungan suka rela antara dua individu atau departemen
di dalam dan antara organisasi atau perusahaan. [2/242]
Minutes (notula) : Dokumen tertulis tentang akitivitas rapat. [1/437]
Mixed
production (produksi
secara campur merata) : Dengan cara menghasilkan beberapa macam produk seseuai
dengan kebutuhan pelanggan. [2/71]
Mixed
production system (berbagai
macam peroduk dalam suatu waktu produksi) : Organisasi atau perusahaan
dikatakan fleksibel juga akan mendukung kualitas produk dan kualitas organisasi
atau perusahaan. [2/67]
Monitor : Pemeriksaan. [2/51]
Moslow’s
Hierarchy of Needs (Hierarki
Kebutuhan Moslow) : Orang termotivasi oleh hirarki kebutuhan. Kebutuhan yang
lebih rendah harus dipenuhi sebelum beralih ke tingkat kebutuhan yang lebih
tinggi. [1/436]
Multinational
corporation : Prusahaan
yang menjalankan bisnis di luar negaranya sendiri. [1/437]
Multi-functional
employee (Program karyawan multi pungsi)
[2/61]
N
Net income (laba bersih) : Diperoleh ketika pemasukan lebih besar daripada
pengeluaran. [1/437]
Nominal group
technique : Teknik pengambilan keputusan
dengan mengadakan pertemuan setiap anggota kelompok, dan masing-masing mengeluarkan pendapat
beserta alasannya. [2/113]
Dikutif Dari :
1.
Patricia
Buheler, Alpha Teach
Yourself Management Skills (Fajar
Interpratama Offset : Jakarta 2007) Penerjemah Sugeng Haryanto dkk
2.
Dorothea Wahyu
Ariani S.E. M.T, Manajemen
Kualitas Pendidikan Sisi Kalitatif ( Ghalia Indonesia : Jakarta 2003)
BACA JUGA : Istilah-istilah Dalam Ilmu Manjemen (A-F)
Istilah-Istilah Dalam Ilmu Manajemen (O-Z)
BACA JUGA : Istilah-istilah Dalam Ilmu Manjemen (A-F)
Istilah-Istilah Dalam Ilmu Manajemen (O-Z)
Komentar
Posting Komentar